Rabu, 04 Januari 2012

kehidupan Bandung

menjalankan kehidupan di kota orang itu sangat sulit. kesulitan itu makin bertambah dengan biaya-biaya hidup yang harus diperhitungkan dengan benar-benar "perhitungan". jika tidak kelaparanlah yang melanda perut kita. apalagi bagi orang tersebut yang tujuan hidupnya di kota orang itu kuliah pasti sangat "ora wuueeenak" soalnya selain harus memperhatikan keuangan untuk makan dia juga harus memikirkan keuangan untuk hal-hal lain seperti men"traktir" cewe ( tu dah merupakan hal yg wajib bagi seorang cowo.. hiiiksss sedih juga ), beli peralatan untuk tugas, bayar patungan makan di warung-warung, jajan, belum lagi harus beli pulsa utk hplah utk modemlah dan hal-hal lain yang "penting".

apalagi kita ( aku mengkultuskan diriku menjadi kita ) sekarang kuliah diluar kota, tepatnya di Bandung untuk mengenyam pendidikan ( kasaranya kuliah ). gak terasa juga lho dah 6 bulan dan sebentar lagi UAS. sekarang seeh sedang menjalani hari-hari tenang dikos-kosan kita yang tercinta, yang tampak dari luar indah dan wuuueeak untuk dipandang tapi dalemnya kayak rumah yang habis ditimpa gempa. batu berserakan dimana-mana, pasirpun gak mau kalah juga dan ikut menyebar diseluruh ruangan dan binatang-binatang seperti anjing, kucing, belalang sampai ularpun berdatangan masuk padahal kita gak ngundang malah dateng sendiri. argh..... leeebay.

untungnya di Bandung kita ngekos di rumah kakek kita. jadi masalah biaya untuk makan bisa "dipermainkan" karena untuk makan kita gak terlalu sulit ( bersyukur karena ada sodara di Bandung, SUUUUKKKUUUURRRRR EMANK ENAK NGEKOS DILUAR!!!!! wkwkwkwk just kidding ). uniknya disini semua keluarga besar rumahnya deket dengan rumah kakek kita. biasanya keluarga besar ( yang ortunya punya 7 atau 8 anak ) pasti rumahnya jauh-jauh dari rumah orangtuanya eh ini malah adem anyem dideket rumah bapak ( semua anak-anak kakek dn juga cucu-cunya termasuk kita manggil kakek dengan sebutan "bapak", gak tau alasannya. kita mah ngikut aja). kita menganggap rumah bapak adalah pusat dari rumah sodara-sodara karena kita menganggap letaknya yang strategis sebagai pusat perdagangan dan perkumpulan ( WTF!!! emank pelajaran Geografi mas?? ) 

kehidupan yang kita jalankan di Bandung sangatlah beragam. ada yg enak, bahagia, senang kadang juga kecewa, marah, hambar ( emank makanan ), bosan. dilain waktu juga sedih, takut, galau .......tetapi perasaan hidup di Bandung banyak senangnya seh karena bisa "bebas" dari adik-adik penggangu di kota tercinta Surabaya ( juga bebas bisa maen ps baik siang maupun malam, walaupun ps1 seeeh kekekekeekeke jadul euy ).meskipun senang merupakan perasaan yang mendominasi kehidupan di Bandung, terkadang kita juga kecewa. misalnya kejadian beberapa bulan yang lalu. ketika pulang dari kampus kaget ngeliat ada kamar berantakan dengan pasir dan kerikil-kerikil. okelah kamar berantakan penuh dengan sampah-sampah pembuangan pabrik, korek2 dan potongan kertas-kertas yang dibuat untuk tugas ( lo tugas kok ada koreknya???? yo maklum anak DKV tugasnya aneh-aneh ) dan masih banyak lagi tapi kita gak inget pernah ngebuat bangunan atau ngelobangi dinding yang bisa memunculkan pasir dan batu kerikil yg adem anyem di kamar kita. masa setan yang ngebuat bolong tuh dinding ( emank nih rumah katanya penuh dengan setan tapi berkurang setelah kita bacakan ayat-ayat Al quran setiap Maghrib ). apalagi yang paling berantakan dari itu semua adalah yang terletak di belakang TV, penuh dengan kabel-kabel berserakan. kita bingung seribu langkah. akhirnya bertanyalah kita kepada bapak sang pemilik rumah.

kita : pak tadi ngeliat ada orang yang masuk kekamar gak??( nada jawa )

bapak : gak tau. dari tadi mah bapak diluar aja.( nada sunda )

kita : ( muka masam meskipun muka kita memang asam ) la tapi kok di kamar banyak pasir berserakan, terus           kabel dibelakang TV pada berantakan semua??

bapak : oh mungkin si wak Joko ( kalau orang jawa timur dan jawa tengah wak sama dengan pakde ) kali. tadi sebelum keluar bapak ngeliat wak Joko sama mang Iman ke kamar kamu, kataya mau ngebetulin antena TV

kita : HAAAAHHHH tapi kan aku gak minta dibetulin antena TV, toh aku juga jarang ngeliat TV dikamar ( pasang muka masam semasam-masamnya )

bapak : ah.. bapak mah gak mau tau... udah bapak tanyain dan jelasin ke dia kalo kamu tuh jarang ngeliat TV di kamar tapi dia maksa aja mau betulin

kita : ( diam sebentar sambil ngambil piring ) lah terus alasan dia betulin antena TV ????

bapak : katanya mah kamu sama bapak sering rebutan acara TV, gara -gara TV di kamar gambarnya jelek

kita : la tapi kita gak pernah rebutan acara TV, lagipula aku gak pernah komen tu TV dikamar gambarnya jelek??!!

bapak : nah justru itu itu bapak juga heran sama dia

setelah percakapan itu dalam hati aku agak heran ngapain tu orang berulah sampai segitunya. emank tu orang gak pernah bisa diam dan sering ngebuat ulah ( hallaaaah awakmu yo podo ae gawe ulah karo adek-adekmu ) yang bikin keluarga besar bapak juga geleng-geleng kepala tanda keheranan. akhirnya aku ngebiarin aja dia ngelakuin tingkahnya sampai dia puas ngacak-acak kamar. kecewa juga karena dia secara sembrono atau tanpa permisi dari kita masuk ke kamar dan langsung acak acak kamar. kita sangatlah gak senang jika ada orang lain yang masuk kamar tanpa ada ijin dari kita kecuali si pemilik rumah. back to the future eh the story, setelah percakapan singkat tersebut, kita makan di ruang keluarga yang berdekatan dengan kamar kita. belum 5 kali kita mengunyah, terbukalah pintu dari luar dan tampak 2 orang memasuki ruang keluarga dan menuju kamarku. 2 orang itu tidak lain dan tidak bukan adalah wak Joko dan mang Iman ( mang Iman nih tetangga bukan saudara ). dikira dia ( wak Joko ) bakal minta izin ke kita yg mau masuk kekamar kita eeeeehhhhhh... dia maen nyelonong aja langsung masuk. dikiranya dia mikir kalau kita ada dirumah ngapain ijin ke kita, toh kita tahu dirinya masuk kekamar. tapi bagi kita sama aja ini gak sopan walaupun kita lebih muda darinya. apalagi sebelumnya dia malah maen masuk nyelonong kekamar tanpa ijin dari kita. walaupun bapak tau dia masuk kekamar kita tetep harus mendapat persetujuan dari kita. dari sini kita benar-benar kecewa. sangat kecewa bahkan parahnya lagi ketika selesai membetulkan antena dia malah ngebiarin sisa-sisa sampah yang dah dia buat di kamar kita. tambah kecewa sekaligus marah!!! seakan kalau kita punya senjata nuklir sudah kuhancurkan rumah tuh orang saking kesal n kecewanya kita ( eh malahan ntar rumah bapak juga ikut-ikutan ancur ya ).

katanya si entik sodara kita, " itu tuh papa kamu ( WTF!!!!) makanya dia tuh sayang ma kamu" jiiiiiiiiiiiaaaaaaaahhhhhh....... ogah punya bapak seperti itu, kerjanya ngegelinding ( muter-muter ) rumah-rumah nyamperin rumah orang yang pintu rumahnya kebuka terus omong-omomg gak jelaslah, selalu buat ulah yg sering ngebuat keluarga besar bapak geleng-geleng kepala ( kok dejavu ya ma tulisan ini ), pantes anaknya sering tengkar ma dia soalnya kelakuan ayahnya kayak gitu ( tapi tetep aja gak boleh gitu karena secara gitu masih ayahnya dia ). untungnya dia bukan anak kandung bapak melainkan menantunya dari anaknya si bapak jadi geleng-geleng kepalanya gak sampai selebay penyanyi dangdut yang menggoyang-goyangkan kepala sampai rambutnya terurai gak jelas.  

nah itu yg masih di kos-kosan belum yg diluar kos-kosan. senangnya kita ma kota Bandung  ialah hawanya adem ( gak kayak Surabaya, panas!!!! sampai-sampai "adek" kita ikut-ikutan kepanasan. ), tempat makannya banyak ( walaupun harganya mencekik "burung" eh leher ), cewenya  mantep2 bro ( tujuan utama kuliah di Bandung ) dan masih banyak lagi. jika ada kertas yg puuuaaaaanjaaaaaang banget kelebihan-kelebihan kota Bandung bisa rampung di tuh kertas. gak wuueenaknya dikota Bandung, macet apalagi kalau Sabtu-Minggu macetnya minta ampun ( secara orang-orang Jakarta pada liburan di Bandung setiap weekend datang ), banyak genk motornya yang berkonvoi pada malem ( jadi gak bisa keluar malem-malem dengan tenang ), banyak maling motor, dan ini yg paling gak wuueeenak sekaligus yg menjengkelkan, banyaknya angkot. sehingga bisa-bisa nantinya julukan Bandung bukan sebagai kota kembang lagi tapi kota 1000 angkot. yg paling gak wuuueeenaknya lagi sopir angkotnya tuh ngendarain angkot sak wenak'e dewe ato seenaknya sendiri. kadang kalo jalan tuh pelan kayak kura-kura kadang jalanya cepet kayak mau cepet-cepet pulang kerumah mau e'ek. yg lebih ekstrim pertama jalan pelan trus berakselerasi ( emank fisika ) dengan kecepatan maksimum pas lagi enak-enak cepet berhenti mendadak soalnya didepan ada tai yang nongol di jalan. akhirnya kita malah geleng-geleng "weleh-weleh" ama si angkot dan sopirnya. jadi kita punya kesimpulan musuh kita dijalan raya di kota Bandung ada 3, pertama Angkot, kedua bis kota, ketiga pick up ( why? soalnya kita pernah kecelakaan gara-gara pick up ).

menarik bila kita ceritakan lagi bermacam macam kehidupan kita di Bandung. sayangnya nih tangan ngambek pengen coli eh pengen istirahat gara-gara ngetik tulisan gak jelas. ya dah deh ( pinjem kata2 dari temen SMA ) see u next time aja di postingan berikutnya. salam Revo Indo!!!!  





7 komentar:

  1. wkakakakaak iki dike yo ?
    aku jaluk nmer HP mu !
    cek angel e kon dihubungi

    BalasHapus
  2. gawe opo cak awakmu njaluk no hpku???? pastine ono opo2 ne iki ....

    BalasHapus
  3. Terimakasih sudah follow blogku, ini siapa ya?

    BalasHapus
  4. bukan siapa-siapa.....nama tidaklah penting

    BalasHapus
  5. cocoten komenku tak parani kos anyarmu ayooo!!!!!!

    BalasHapus